Mengapa Imunitas Penting ?

By idarahman.com - January 11, 2021

 



Imunitas menjadi hal yang ramai dibicarakan saat ini. Pandemi yang belum juga reda membuat banyak pihak berlomba mencari cara untuk bisa meningkatkan imunitas tubuh seseorang. 

Begitu pentingnya peranan Imunitas sudah seharusnya kita mampu menjaga dan memastikan Imunitas tubuh yang kita miliki mampu bekerja sempurna sesuai yang diharapkan. Agar tubuh selalu sehat terhindar dari penyakit. 

Imunitas dapat bekerja dengan optimal jika sistem imun yang ada bekerja dengan sempurna. Sistem imun merupakan kemampuan daya tahan tubuh untuk mampu mengenali benda asing yang masuk ke dalam tubuh sehingga dapat menimbulkan penyakit. 

Saat tubuh terpapar benda asing tubuh memberikan respons dengan membentuk sel memori. Pada saat tubuh mendapatkan serangan yang sama berikutnya, maka tubuh akan beraksi dengan cepat untuk melindungi tubuh. 

Sistem imun yang tepat dapat melindungi tubuh akan tetapi sistem  imun yang lemah atau terlalu kuat akan memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh. Sehingga yang dibutuhkan tubuh adalah sistem imun yang cerdas.

Untuk Bisa mendapatkan sistem imun yang baik maka tubuh perlu mendapatkan rangsangan dari luar. Rangsangan bisa berupa rangsangan alami maupun rangsangan adaptip atau rangsangan buatan.

Rangsangan alami didapatkan dari paparan berbagai zat asing yang ada di alam baik itu bakteri, virus, kuman  maupun zat lainnya. Sedangkan dari dalam tubuh berupa sel mati atau sel yang berubah fungsi.

Zat berbahaya ini yang dikenal dengan sebutan imunogen / antigen. Saat terjadi serangan dari imunogen maka tubuh akan memberikan respons. Jika sistem imun bekerja dengan baik maka imunogen akan kalah  tetapi jika sistem imun tidak bisa menahan serangan maka tubuh akan jatuh sakit. 

Sanggatlah penting untuk memiliki sistem imun yang mampu berfungsi dengan baik. Sistem yang berfungsi dengan baik adalah tahu kapan harus menambahkan jumlah sistem imun atau disebut dengan imunomodulator.

Jika imunomodulator tidak bekerja dengan baik maka tubuh dapat lemah dan mudah terinfeksi penyakit. Tetapi jika imunomodulator terlalu aktif dan imunodepresor tidak berfungsi maka akan menimbulkan penyakit auto imun. 

Di alam  ini ada beberapa zat yang berfungsi sebagai imunomodulator diantaranya 

1. Vitamin 

2. Zink

3. Selenium

4. Kurkumin

5. Meniran

Sedangkan zat yang berfungsi Sebagai imunodepresor diantaranya 

1. Steroid 

2. Siklosporin

Lalu ada sebuah zat yang disebut sebagai molekul pintar yang mampu berfungsi sebagai keduanya. Zat ini mendidik sistem imun untuk dapat menjadi imunomodulator pada saat dibutuhkan, tentara sistem imun yang kuat untuk melawan bibit penyakit. 

Tetapi pada saat yang lain mampu berfungsi sebagai imunodepresor yang mampu menekan produksi sistem imun yang berlebihan saat tidak dibutuhkan agar tubuh tidak timbul penyakit yang dikenal dengan sebutan auto imun. 

Inilah yang dibutuhkan tubuh agar dapat selalu sehat dan mampu melawan segala hal yang dapat membahayakan tubuh. Kamu yang ingin selalu sehat harus mencoba molekul pintar yang satu ini. 


Salam sehat. 



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar