Perjalanan virus corona di tubuhmu

By idarahman.com - September 14, 2020


 

Pandemi covid 19 belum reda bahkan akhir-akhir ini jumlah orang yang terjangkit infeksi virus ini makin meningkat. Ini tentu menimbulkan keresahan serta ke khawatiran. Disaat harus menghindar agar tidak tertular tetapi perekonomian juga harus tetap berjalan. 


Bahaya virus ini sudah diketahui dari sejak pertama ditemukan. Virus yang masih keluarga virus Sars atau Severe akut respiratory sindrom adalah virus yang bisa menyebabkan gagal nafas dalam waktu singkat. 


Virus COVID-19 yang ada saat ini merupakan hasil mutasi dari virus sars sebelumnya.  Virus ini diberi nama SARS-COV2. Orang yang terserang infeksi virus ini akan berisiko mengalami gagal nafas karena fungsi organ yang mengalami kemunduran dengan cepat.


Virus yang ada di sekitar kita tidak serta merta bisa menyebabkan penyakit. Ada beberapa mekanisme pertahan tubuh yang sudah disiapkan oleh Sang Maha Pencipta, untuk menjaganya tetap sehat. 


Ini beberapa tahapan yang dilalui  virus corona di tubuhmu.

1. Kulit luar

Virus yang ada pada saluran nafas orang terinfeksi Corona akan dikeluarkan melalui lendir dari saluran nafas. Lendir yang keluar sebagai droplet melalui percikan batuk atau bersin akan menempel pada permukaan benda disekitarnya.


Ia akan bertahan hidup beberapa hari disana. Saat kulit seseorang yang sehat menyentuh virus tersebut maka terjadilah perpindahan. Dikulit, virus tersebut tidak dengan mudah dapat masuk ke dalam tubuh.


Susunan kulit yang lebih rapat dan kuat dibandingkan dinding batu bata membuat virus sukar untuk masuk. Belum lagi flora normal yang ada di atas kulit membuat virus sukar untuk bergerak masuk.


Oleh sebab itu jika virus yang menempel sempat dihancurkan menggunakan larutan disinfektan seperti sabun, maka virus yang berpindah ke tangan akan mati. Ini bisa dilakuan dengan kebiasaan cuci tangan.


2. Membrane mukosa

Ini adalah kulit yang melapisi bagian dalam saluran nafas dan saluran cerna. Kulit pada tempat ini tidak dilapisi zat tanduk, tetapi memiliki lapisan yang menghasilkan cairan kimia yang mampu membunuh micro organisme yang menempal.


Jika virus yang keluar sebagai droplet menempel pada lapisan ini, melalui udara yang terhisap maupun melalui kulit yang mengandung virus. Maka tubuh akan berusaha menghancurkan virus yang terlanjur menempel. Oleh sebab itu penting menjaga jarak dengan orang sekitar kita.


Pada saluran nafas, dengan lendir yang dihasilkan dan rambut-rambut halus virus didorang untuk keluar dari tubuh. Bisa dalam bentuk lendir yang banyak yang bertujuan agar memudahkan virus yang ada dalam lendir keluar.


Pada saluran cerna virus akan dihancurkan dengan zat asam yang dihasilkan. Ini untuk menjaga agar virus tidak masuk kedalam aliran darah dan terbawa ke tampat ia bisa berkambang biak dan menimbulkan penyakit. Untuk itu penting kita menggunakan masker saat diluar rumah.


3. Kelenjar limfe

Dalam tubuh kita terdapat aliran limfe yang berfungsi untuk membawa racun, micro organisme dan zat berbahaya lainnya keluar dari tubuh. Jaringan limfe ada diseluruh bagian tubuh manusia.


Dalam kelenjar limfe telah menunggu sistem kekebalan selular yang diaktifkan oleh zat kimia. Sistem kekebalan ini dikenal dengan zat limfosit. Virus akan berhadapan dengan penjaga pertama sistem kekebalan tubuh selular.


Disini virus yang berhasil dihancurkan akan dibawa ke deposit kelenjar limfa yang disebut dengan lifatik node, untuk kemudian dihancurkan. Limfatik node ini bisa kita temukan di selangkangan, ketiak, leher dan yang terbesar ada dirongga perut.


4. Sel fagosit

Jika virus corona di tubuhmu dapat terus masuk dan ikut pada lairan darah maka sel fagosit yang terdiri dari neutrophil, macrophage serta eosinophil akan berupaya menghancurkannya. Ini lah peperangan selanjutnya yang harus dihadapi virus.


Pertempuran ini mengerahkan banyak pasukan tergantung jumlah virus yang masuk, oleh sebab itu kadang timbul demam pada orang yang terinfeksi virus. Sering diikuti gejala nyeri otot dan gangguan tidak nyaman lainnya.


5. Natural Killer

Seandainya virus memenangkan pertempuran tadi maka ia akan menempel pada permukaan sel yang sesuai untuknya. Virus covid 19 sesuai menempel didinding saluran nafas, disinilah ia akan berkembang biak.


Tetapi tubuh masih memiliki sistem pertahan tubuh lainnya yaitu Natural Killer. Zat ini dapat mendeteksi perubahan yang tidak biasa pada dinding sel tubuh. Jika terdeteksi perkembangn yang salah maka zat ini akan berusaha menghancurkannya. 


Ini menjadi penjaga terakhir pada system pertahanan tubuh kita. Jika virus pun mampu melawannya maka tubuh akan jatuh sakit dan virus dapat berkembang biak didalam tubuh manusia. Penderitannya akan mengalami gangguan nafas berat.


Dari penjabaran diatas jelaslah tidak mudah untuk virus covid 19 menginfeksi tubuh manusia. Tetapi faktanya dari hari ke hari jumlah yang terinfeksi bahkan kematian karena virus ini terus bertambah.

Bersambung

https://klinik-azra.business.site/

https://indonesia.4life.com/Idarahman

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar