5 Jenis Khitan yang Bisa Anda Pilih

By idarahman.com - June 25, 2020



Khitan atau secara istilah medis disebut dengan sirkumsisi dan pada istilah umum disebut dengan sunatan. Ini adalah sebuah tindakan membuang kulit bagian ujung yang menutupi kepala penis. 
Tujuan dilakukannya sunatan agar kepala penis terbebas dari kotoran dan mudah dibersihkan, sehingga terhindar dari berbagai risiko penyakit yang mungkin terjadi. Bagi umat Islam sunatan merupakan hal yang diwajibkan untuk laki-laki
Meskipun ada tindakan sunat yang dilakukan pada anak perempuan, yaitu dengan membuang bagian ujung dari klitoris. Tetapi hal ini sudah jarang dilakukan. Tindakan ini bertujuan sama, yaitu untuk membersihkan ujung klitoris. 
Ini teknik  Khitan yang ada saat ini :

1. Teknik khitan Konvensional 
Ini merupakan cara khitan yang sudah umum digunakan tenaga medis. Cara ini harus dilakukan oleh tenaga medis yang berpengalaman dan memiliki tingkat kesulitan yang lumayan rumit. Tetapi hasilnya lebih baik.
Teknik sirkumsisi ini menggunakan teknik bedah standar. Dengan cara pembiusan lokal dan pemotongan ujung penis menggunakan gunting bedah.  Prosesnya tidak memerlukan waktu lama.  
Kelebihan teknik khitan ini adalah proses penyembuhan luka yang cepat serta bisa dilakukan pada penis dengan masalah ringan. Kekurangannya adalah rasa nyeri yang ditimbulkan akibat pembiusan, membuat anak dan orang tua enggan menggunakan teknik ini.

2. Teknik khitan Lonceng
Cara khitan ini sudah jarang digunakan karena bahaya infeksi yang ditimbulkan sangat besar. Teknik ini menggunakan benang yang diikat kuat pada ujung penis yang akan dihilangkan. Ikatan dibiarkan hingga kulit mati dan lepas dengan sendirinya.
Kelebihan metode khitan ini adalah tidak membutuhkan biusan dan pemotongan. Ujung kulit penis hanya perlu diikat kuat dengan benang steril, sehingga aliran darah tidak mengalir dan kulit akan mati.
Bahaya dari teknik khitan ini adalah infeksi yang mungkin timbul. Bila tidak terkontrol maka bisa menyebabkan seluruh penis terinfeksi. Ini menjadi hal yang sangat mengerikan karena bisa berakibat fatal.

3. Teknik khitan Klem
Ini merupakan pengembangan dari teknik lonceng. Ujung kulit penis yang akan dibuang dijepit menggunakan klem khusus yang bisa menghentikan aliran darah. Selanjutnya dibiarkan beberapa menit.
Pada teknik ini ujung kulit yang sudah dijepit, kemudian dipotong saat itu juga. Kulit yang dijepit akan mati dan tidak menimbulkan nyeri saat dilakukan pemotongan, sehingga tidak dibutuhkan pembiusan.
Karena tanpa jahitan, maka klem akan dibiarkan sampai terlepas setelah kulit mengering dan kembali normal. Teknik ini menjadi cara yang banyak dipilih karena tidak menimbulkan nyeri akibat pembiusan. Kekurangan teknik ini hanya bisa dilakukan pada penis tanpa kelainan.

4. Teknik khitan Electrocoutery
Teknik khitan yang satu ini hampir sama dengan khitan konvensional. Hanya saja penggunaan gunting bedah digantikan dengan Electrocoutery untuk memotong ujung penis. Sehingga proses lebih cepat dan rapi.
Panas yang dikeluarkan membuat kulit tertutup rapat, tidak ada darah yang keluar pada proses khitanan ini. Luka langsung kering dan tidak perlu dijahit. Jika pun ada sedikit jahitan, hanya untuk merapikan posisi kulit penis.
Teknik ini mengabungkan teknik konvensional dengan teknologi terbaru. Cara ini dapat digunakan pada khitanan dengan kelaian anatomi ringan. Hanya saja teknik ini memerlukan pembiusan lokal.

5. Teknik khitan laser
Cara sunatan ini, menggunakan sinar laser untuk memotong ujung kulit penis. Pemotongan dilakukan pada bagian kulit penis yang telah di tandai dengan klem. Setelah terpotong klem dibuka dan kulit sudah bersih dengan luka yang mengering.
Proses sunatan dengan cara ini hanya membutuhkan waktu 10 hingga 15 menit. Proses yang cepat, sehingga anak tidak akan terlalu merasakan nyeri. Walaupun pada teknik ini dilakukan juga anastesi lokal sebelumnya.
Teknik ini memiliki prosedur yang tidak jauh berbeda dengan Electrocoutery. Hanya saja alat pemotong menggunakan sinar. Penggunaan teknik ini dianjurkan pada penis yang tidak memiliki masalah.

Melakukan khitanan kadang menjadi hal yang menakutkan pada sebagian anak. Tetapi, kini hadir berbagai teknologi yang memudahkan dan tanpa nyeri. Jenis khitan yang mana yang akan dipilih tergantung kondisi anak.
Tidak ada lagi kata takut jika hendak dikhitan. Menggunakan metode yang tepat dapat memberikan hasil yang baik. Jelaskan metode khitan yang akan dijalani anak, sehingga ia merasa nyaman dan aman.

Selamat berkhitan.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar