Lawan Kanker dengan Imunitas Tubuhmu

By idarahman.com - February 18, 2020



Kanker masih menjadi penyakit yang ditakuti oleh banyak orang. Itu karena angka kematiannya yang tingggi, waktu pengobatan yang lama dan proses pengobatan yang menimbulkan rasa nyeri hebat.

Diperkirakan selama tahun 2018 BPJS telah mengeluarkan 13,3 triliun untuk pengobatan kanker. Menurut Yayasan Kanker Indonesia, pengobatan satu penderita kanker membutuhkan dana sekitar 100 juta setiap bulannya. Sebuah angka yang fantastis.

Sungguh suatu berita yang mengerikan. Sebenarnya apa yang menyebabkan tubuh seseorang bisa mengalami kanker, tentu ini yang menjadi pertanyaan kamu selanjutnya. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mencegahnya?

Sel kanker dapat terjadi bila ada perubahan pada DNA sel. Tubuh yang terdiri dari berjuta sel disusun oleh protein DNA. Jika DNA pada sel rusak, akan menyebabkan kematian pada sel tersebut.

Tidak demikian pada sel kanker, DNA yang tadinya normal berubah menjadi tidak normal bahkan menjadi ganas. Perubahan ini bisa disebabkan oleh radiasi, makanan yang mengandung zat toxin dan polusi yang meracuni sel.

Bahayanya lagi, sel dengan DNA yang sudah berubah ini dapat diturunkan orang tua kepada anaknya, sehingga anak berpotensi menderita kanker dikemudian hari. Serem banget ya. Lalu kenapa tubuh tidak melakukan perlawanan?

Walaupun sel kanker termasuk sel yang tidak normal, kadang sisitem imun tubuh tidak dapat menghancurkannya. Itu karena sel kanker termasuk sel yang cerdik, Ia membentuk lapisan protein yang menutupi permukaan  sel kanker.

 Lapisan ini membuat sel kanker tidak dapat dikenali sel T. Sel imunitas tubuh yang bertugas menyampaikan informasi kepada sel penghancur. Kemudian sel penghancur akan menghancurkan semua hal yang akan membahayakan tubuh.

Tetapi adanya lapisan protein, salah satunya adalah programmed death-ligand 1 (PD-L1). Membuat sel kanker tidak bisa dideteksi dan terus hidup diantara sel normal lainnya. Lama kelamaan sel kanker ini akan menghancurkan sel tubuh yang normal.

Sebuah penelitian mengenai PD-L1 itu telah memberikan hasil yang posistif. Ditemukan senyawa kimia yang bersifat anti PD-L1. Senyawa ini diharapkan mampu menghilangkan kempuan PD-L1 menghambat sel T mengenali sel kanker.

Sehingga sistem imun dapat bekerja dengan sempurna dan tubuh pun bisa menghancurkan sel kanker dengan sendirinya. Senyawa ini berperan penting pada imunoterapi kanker. Sebuah berita yang menggembirakan bukan.

Saat ini senyawa kimia ini masih dalam proses penelitian, tetapi kedepannya diharapkan dapat meningkatkan harapan hidup penderita kanker. Pada tahap selanjutnya bisa memperbaiki kualitas hidup pasien kanker.

Kita tunggu perkembangan penelitan ini selanjutnya. Kamu yang ingin tetap sehat jangan lupa untuk merubah kebiasaan hidup tidak sehatmu. Perbanyak makan, makanan bergizi, olah raga teratur dan hindari stress.

Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan jika kamu memiliki keluhan kesehatan. Bahkan jika memungkinkan lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, lalu konsultasikan hasilnya dengan Dokter. Ayo lawan kangker.

Referensi
1. https://kalahkankanker.com/imunoterapikanker/
2. https://www.roche.co.id/id/sekilas_tentang_roche/lingkup_usaha/farmasi/onkologi/imunoterapikanker.html
3. https://klinikhijau.com/penyakit/ca-mammae/patofisiologi-kanker-payudara/

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar