Langkisau, Si Cantik dari Pesisir Selatan Sumbar

By idarahman.com - July 02, 2019





      Kota Painan yang berada di Pesisir selatan Sumatra Barat mempunyai beberapa obyek wisata alam yang sangat indah. Salah satu yang saya sukai adalah puncak Bukit Langkisau. Lokasinya  tidak jauh dari pusat kota painan. Kita hanya perlu berkendara kurang lebih 30 menit. Akses jalannya bagus. Untuk bisa sampai kesana kamu harus membawa kendaraan pribadi karena kendaraan umum tidak menjangkau sampai ke lokasi.

Untuk mendekati puncak kita harus melewati jalan dengan tanjakan terjal dan sedikit berbelok, saat kembali kita pun harus melalui turunan yang curam, untuk itu keahlian dan kewaspadaan mengemudikan kendaraan sangat diperlukan dan pastikan juga kondisi kendaraanmu dalam keadaan baik, tetapi semua terbayarkan dengan pemandangan indah selama perjalanaan.

Sepanjang jalan menuju puncak bukit dibangaun vila-vila yang disewakan. Harganya tidak mahal dengan 4,5 juta kamu sudah bisa menempati sebuah rumah dengan beberapa kamar untuk dua hari satu malam. Sangat cocok untuk kamu yang sejenak ingin menikmati suasana tenang alam perbukitan bersama keluarga atau rombongan, setelah sehari-hari di suguhkan suasana macet dan panas perkotaan.

Kendaraanmu dapat diparkirkan tidak jauh dari puncak Langkisau, untuk sampai ke puncak pass kamu harus berjalan kaki lebih kurang 10 menit menaiki sekitar 50 anak tangga, melalui medan yang sedikit menanjak. Perjalannanmu akan ditemani hembusan angin sepoi-sepoi yang membuat suasana terasa sejuk.



Di puncak Langkisau kamu dapat memandang hamparan pantai indah yang menghadap ke Samudra Indonesia. Garis pantai yang berkelok-kelok  berpadu indah dengan hamparan pasir putih dengan gemuruh suara ombak yang pecah di bibir pantai. Sejauh mata memandang tampak lautan biru dengan buih-buih putih yang berasal dari pecahan ombak.

Dari puncak ini kamu juga bisa melihat lanscape kota painan yang indah, hamparan pulau-pulau kecil yang diapit bukit barisan, langkisau merupakan jajaran bukit barisan yang membentang sepanjang pulau Sumatra dari Aceh sampai Lampung.

Saat saya datang pengunjung tidak terlalu ramai. Untuk memasuki kawasan ini tidak dipungut biaya. Sepanjang perjalanan sampai di puncak, hanya ada ada satu penjual makanan dan minuman kemasan, untuk kamu yang ingin berkunjung baiknya siapkan perbekalanmu, jika kamu menginap dan memerlukan tambahan perbekalan, kamu dapat mengunjungi pertokoan di pusat kota yang tidak terlalu jauh.

Di puncak langkisau, tersedia musola dan kamar mandi yang bias dimanfaatkan oleh umum, sehingga buat kamu yang muslim bisa menunaikan kewajiban sambil menikmati pemandangan alam tanpa harus terburu-buru mengejar waktu salat.

Tempat ini sering dijadikan arena outbond dan olah raga paralayang, saat saya berada di situ beberapa atlet paralayang tampak sedang mempersiapkan diri. Saya hanya melihat atraksi para atlet tetapi jika kamu ingin menikmati sensasi olahraga yang memacu adrenalin ini, kamu bisa didamping oleh ahli paralayang yang sudah tersertifikasi dari Federasi Aero Sport Indonesia (FASI). Untuk itu kamu akan dikenakan biaya sekitar 300.000 rupiah.

Hari semakin siang, perutpun mulai terasa lapar, saya dan rombongan memutuskan untuk turun, mencari rumah makan disekitar painan, menikmati kuliner Sumbar yang terkenal enak, cocok untuk semua lidah.


Buat kamu yang hobi traveling, destinasi wisata ini, bisa menjadi pilihanmu selanjutnya. Dengan biaya yang ringan dan waktu tempuh yang tidak terlalu lama kamu bisa menikmati pesona alam yang luar biasa.

Selamat berlibur.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar