Setelah Berlibur, ini Masalah yang Bisa Terjadi Pada Kulitmu.

By idarahman.com - January 03, 2019




        Saat liburan kita disibukkan dengan aktivitas outdoor, kulitmu terpapar dengan banyak hal seperti cahaya matahari yang panas, debu, dan  kotaran. perawatan kulit yang dilakukan pun seadanya, karena keterbatasan waktu dan peralatan. Hal ini bisa menyebabkan masalah baru bagi kulitmu.
Apakah kamu harus menghindari berlibur? Gak perlu, Berikut beberapa masalah yang bisa timbul pada kulitmu setelah liburan dan cara mengatasinya.


1. Kulit Kusam





        Wajah kusam bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti debu, sisa makeup dan yang paling sering kulit mati yang masih menempel. Saat berlibur kadang kita hanya membersihkan wajah seadanya sehingga tidak mampu mengangkat kotoran dan kulit mati yang menempel pada wajah,  sehingga wajahmu terlihat kusam
Untuk mengatasinya saat di tempat liburan, Kamu dapat menggunakan sisa teh celup sebagai srub, jangan lupa cuci bersih dulu di bawah air mengalir sebelum memakaikan di wajahmu. Gosokkan dengan lembut sambil di putar pada wajah, gunakan pada seluruh wajah, lalu cuci dengan sabun muka.
Saat sudah kembali ke rumah kamu dapat membersihkan dengan bahan-bahan yang lebih komplit, bahkan jika masih ada dana lebih bisa memanjakan diri sambil menghilangkan lelah dengan perawatan komplit di tempat perawatan khusus.



2. Jerawat



        Liburan identik dengan aktivitas outdoor, yang berhubungan dengan debu dan keringat, sehingga bisa menyumbat folikel rambut, dan menimbulkan peradangan, akhirnya terjadi infeksi dan timbullah jerawat.
Walaupun berlibur jangan lupa untuk membersihkan wajah sebelum tidur, minimal dengan sabun pencuci muka. Saat sudah kembali ke rumah kamu dapat membersihkan dengan bahan-bahan yang lebih komplit, saat ini banyak tersedia obat jerawat yang bisa kamu apikasikan pada jerawatmu, tap jika jerawatmu sakit, merah dan bernanah sebaikknya, kamu berkonsultasi dengan dokter.


3. Kulit Kering



        Saat elastisitas kulit berkurang, dapat menyebabkan kematian sel kulit. Sehingga kulit akan terkelupas, tampak kering dan bersisik. Penyebab hal ini bisa karena paparan sinar matahari, udara yang terlalu dingin/ panas, dan kurang cairan.
Saat berlibur perhatikan asupan cairanmu, jangan sampai kulitmu mengalami dehidrasi, mengonsumsi buah dan sayur yang banyak cairan bisa menjadi altertatif, saat kamu tidak ingin banyak minum. Misaalnya saat kamu berkujung ke tempat yang dingin.
Menggunakan pelembab saat berlibur dapat membantu melembabkan kulitmu. Gunakan pelembab kulit setiap hari, sehingga kulitmu tidak mengalami kekeringan



4. Kulit Pecah-pecah


       Tumit dan telapak kaki merupakan bagian tersering yang mengalami pecah-pecah, hal itu karena seringnya bergesekan dengan permukaan yang kasar, menahan beban berat dan kekeringan.
Lakukan perawatan pada tumit dan telapak kaki seperti bagian tubuh lainnya dengan rutin mengoleskan pelembab, banyak minum air putih dan makan sayur, buah-buahan agar kulit menjadi lembab.
Pakailah alas kaki yang nyaman untuk kulitmu, jangan memaki alas kaki yang sempit, keras dan permukaan kasar. Karena bisa mencederai kuli kakimu.sayangi kakimu karena Ia menanggung beban setiap hari.



5. Kulit Belang dan Terbakar


       Aktivitas yang lama di bawah sinar matahari, dapat membuat kulitmu terbakar walaupun kamu sudah memakai tabir Surya dengan SPF yang tinggi. Pertama kulit akan berwarna merah dan terasa perih, selanjutnya kulit akan menghitam dan mengelupas.
Jika hal ini terjadi, Kompreslah pada daerah yang belang/ terbakarnya dengan handuk yang telah dicelupkan pada air dingin, selanjunya Oleskan krim pelembab untuk melembabkan dan mendinginkan kulitmu.
Bila terasa sangat nyeri kamu dapat mengonsumsi obat penghilang nyeri. Bila kulitmu makin nyeri dan luka mulai terinfeksi sebaiknya hubungi dokter.




Berlibur memang menyenangkan, kamu perlu melakukannya untuk menghindari kejenuhan. Masalah apapun yang dialami kulitmu, semua ada solusinya. Yuk kembali kerutinitas dengan kulit sehat cerah.





  • Share:

You Might Also Like

0 komentar