Demam

By idarahman.com - January 16, 2019




Semua pasti pernah mengalami demam. Demam merupakan gejala  dari berbagai penyakit yang sering kita temukan sehari-hari. Demam hanyalah gejala atau tanda. Penyebab demam bisa bermacam-macam
Demam di tandai dengan meningkatnya suhu tubuh diatas normal ( suhu tubuh normal 36,5°-37,2° C ). Adanya demam diartikan suhu tubuh berada di atas 37.2°C.
Demam sendiri ada beberapa jenis, yang kadang dapat di hubungkan dengan penyakit tertentu.

Berikut tipe demam yang mungkin kita jumpai.

1. Demam septik
Suhu badan berangsur naik ketingkat yang tinggi sekali pada malam hari dan turun kembali ketingkat diatas normal pada pagi hari, suhu badan tidak pernah mencapai normal. Biasanya sering terjadi pada penyakit infeksi, seperti typhoid.

2. Demam Remiten
Suhu badan naik, lalu turun setiap hari, tapi tidak pernah mencapai normal ( perbedaannya sekitar 2-3°C)
Biasanya demam ini berhubungan dengan infeksi organ jantung dan pembuluh darah. Seperti pada endocarditis (infeksi dinding jantung) , penyakit jantung rematik.

3. Demam intermiten
Suhu badan dapat turun ke tingkat yang normal selama beberapa jam dalam satu hari. Lalu naik kembali. Demam seperti ini dapat kita temukan pada penyakit malaria.

4. Demam kontinyu
Peningkatan suhu terus menerus sepanjang hari. Kenaikkan suhu tidak lebih dari satu derajat. Demam seperti ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus.  Contahnya pada penyakit demam berdarah, flu.

5. Demam siklik
Suhu tubuh yang meningkat beberapa hari, lalu diikuti episode bebas demam beberapa hari, kemudian naik lagi seperti sebelumnya. Ini biasanya berhubungan dengan keganasan, seperti pada limfoma hodgkin.

Penangan demam tergantung penyebabnya. Demam yang disebabkan oleh virus, dapat sembuh dengan sendirinya Saat ini banyak beredar dengan bebas, obat penurun panas di pasaran gunakan dengan bijak ya Dears.
Jika terjadi demam, pertama-tama lakukanlah kompres hangat, dan memperbanyak asupan cairan. Bisa dari air minum, atau kuah masakkan. Seperti sop, sayur bening. Jangan yang berkuah santan ya Bun.
Cairan dapat membantu pembuangan panas. Dapat berupa keringat yang keluar, atau buang air kecil yang sering. Dengan berkeringat dan banyak buang air kecil dapat membantu menurunkan suhu tubuh.
Kenali demammu, jika sakit berlanjut, konsultasi ke dokter ya.
Salam sehat.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar