Mau Liburan Hemat? Ini yang Bisa Kamu Lakukan. Nomor 7 Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan.

By idarahman.com - December 16, 2018



 Liburan identik dengan biaya yang besar. Untuk liburan biasanya orang sudah menabung jauh-jauh hari, agar tidak menggangu biaya rutin rumah tangga.
Tapi dorongan belanja yang menawarkan berbagai potongan harga  dan anggapan 'mumpung datang kesini.' kadang membuat kita berbelanja diluar hal-hal yang dibutuhkan.
Agar terhindar dari godaan belanja yang tidak perlu, tips berikut ini bisa kamu lakukan.


1. Cari Informasi, Produk atau Makanan Khas Daerah Wisata.




Saat ini informasi mengenai keadaan didaerah tertentu bisa kamu dapatkan melalui internet.
Kamu bisa memilih tempat-tempat yang menawarkan harga lebih rendah, dari informasi yang kamu dapatkan.



2. Atur Jadwal.


Buatlah jadwal tempat wisata apa saja yang ingin kamu datangi, perhitungankan waktu dan jarak yang akan di tempuh, sehingga kamu bisa memilih transfortasi yang efektif sesuai dengan kebutuhanmu.



3. WiFi.

Saat ini kita tidak bisa lepas dari gawai dan kuota. Jika memungkinkan carilah tempat menginap, restoran yang menyediakan free WiFi, sehingga kamu bisa menghemat biaya kuota.
Tapi ingat jangan terlalu larut dengan gawainmu, saat berlibur, saat kamu menghabiskan waktu dengan orang tersayang.



4. Buat Daftar Siapa Saja yang Akan Diberi Buah Tangan.


Dengan daftar ini kamu bisa memberikan sesuatu sesuai dengan penerimanya. Tidak akan membeli sesuatu yang tidak ada dalam list yang kamu buat. Menghemat biaya dan pastinya memberikan sesuatu dengan tepat untuk orang yang tepat.



5. Buat Anggaran Belanja.


Setelah kamu memiliki data  kamu bisa memperkirakan biaya yang akan kamu keluarkan. Usahakan pengeluaran sesuai dengan yang kamu rencanakan, siapkanlah sedikit dana untuk kedaan darurat.



6. Ciptakan Kenangan Indah.


Moment liburan saat yang tepat menciptakan kenangan indah bersama orang-orang tersayang. Fokuslah menghabiskan waktu bersama bersenang-senang.



7. Disiplin.



Ini adalah point penting. Kamu harus bisa memaksakan diri mengikuti aturan yang kamu buat.
Jangan sampai godaan diskon dan produk yang lucu, membuat kamu berbelanja tak terkendali.

Berlibur bukan berarti 'pelit' bijak mengatur pengeluaran akan membuat kamu nyaman.
Jangan sampai selesai berlibur kamu harus mikirkan cara mencicil hutang baru.

Selamat berlibur.

  • Share:

You Might Also Like

6 komentar

  1. Daftar yg mau dikasih oleh² perlu yah. Hihi...harus mikir beratnya juga kalau wisata naik pesawat. Yg ringan² deh...
    Trims tipsnya...

    ReplyDelete
  2. Hehehe ... bener tuh mbak. Fokus pada jadwal, biar ndk pening setelah liburan mikir tagihan. 😅

    ReplyDelete
  3. Saat liburan adalah saat yang tepat bersama orang tersayang, setuju sekali. Pas liburan kemarin, saya pun memutuskan untuk tidak menyalakan internet. Dan itu cukup berhasil membuat semuanya jadi lebih menyenangkan...

    ReplyDelete
  4. yang paling penting buat saya kalau liburan itu momen yang mengesankan bun, terkadang dengan keasyikan suasana berlibur jadi gak inget belanja di tempat liburan, jarang mikirin bawa uang berapa atau beli apa aja buat oleh oleh yang penting alat tempur tidak ketinggan trutama camera yang tahan air plus tongsisnya, memang kalau sudah belanja bisa brutal sih bun, apa yang suka ya dibeli eh ujung ujungnya nangis darah karena saldo atm gak sisa.

    ReplyDelete
  5. Liburan yang selalu menggoda adalah ketika jalan2 dan ketemu banyak diskon, apalagi itu barang yang dicari. Semoga dengan dibuat list lebih bisa nahan keinginan ya Bun

    ReplyDelete
  6. Liburan itu buat saya momentum untuk lepas dari segala rutinitas. Merencanakan terpenting adalah jadwal cuti yg pas jadi enggak ada gangguan dari tempat kerja karena pekerjaan belum tuntas. Untuk bawaan seminimal mungkin deh, jadi enggak ribet. Saya suka yg praktis. Suka jalan-jalan di wisata alam bukan tempat belanja. Memang enggak suka belajar, berpikirnya sih kalau beli barang dimana-mana ada. Saya juga terbiasa beli yg di butuhkan bukan diinginkan jadi enggak mudah tergoda sama belanja. Akhirnya beli oleh-oleh lebih suka makanan khas daerah tersebut lebih berasa berkesan.

    ReplyDelete