Perawatan Wajah Harian yang Praktis, Ternyata Hanya Memerlukan 3 Langkah Mudah. By. Ida Z Rahman

By idarahman.com - November 23, 2018




   Keindahan adalah karunia Tuhan. Kita sudah selayaknya menjaga karunia yang dimiliki,  Seiring bertambahnya usia, serta berbaga hal yang dialami kulit sepanjang hari, dapat menyebabakan timbulnya jerawat, kusam dan kerutan-kerutan halus. Untuk mencegah hal ini tentu, kulitmu  memerlukan perawatan.
    Dengan padatnya kesibukan wanita saat ini, membuatnya kadang, tak mempunyai waktu untuk datang ke tempat perawatan wajah. Perawatan harian di rumah menjadi pilihan yang memungkinkan untuk dilakukan. Tapi, melihat banyaknya tahapan dan produk yang harus dikenakan. Serta kelelahan setelah aktivitas seharian, kadang membuat kita malas.
    Yuk cari tahu apa sebenarnya tahapan perawatan harian yang harus kamu lakukan. Karena tidak semua produk harus di pakai setiap saat. Tentu ini membuat kamu tidak harus menghabiskan banyak waktu dalam merawat kulit wajah.

Perawatan wajah harian hanya membutuhkan 3 tahap , yaitu :
1. Membersihkan
2. Melindungi (pagi dan siang hari)
3. Meregenerasi/ Peremajaan (malam hari)

Berikut kita bahas satu persatu.

1. Membersihkan Wajah.

 


Membersihkan wajah menjadi hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit. Sehebat dan semahal apa pun krim yang kamu gunakan, tidak akan efektif bila wajah mu tidak bersih.
Pilih produk pembersih wajah yang sesuai dengan keadaan kulitmu. Apakah jenis kulitmu termasuk jenis yang berminyak, normal atau sensitif. Saat ini banyak tersedia produk kecantikan di pasaran, kenali dulu kulitmu, lalu pilih produk yang cocok untuk kulitmu.


Langkah pertama bersihkan sisa makeup dan fondation di wajah dengan milk cleanser. Selanjutnya dengan memakai penyegar. Ini berguna mengangkat kotoran sampai di bagian  dalam pori-pori mu. Jika kotoan ini tidak terangkat dapat menyebkan jerawat dan kulit kusam.


    Saat ini telah tersedia produk yang di sebut dengan micellar water, yaitu cairan non alkohol yang dapat mengangkat debu, kotoran dan makeup. Ia dapat menggantikan fungsi milk cleanser dan penyegar untuk membersihkan wajah. Lebih praktiskan?!


    Setelah itu cucilah wajah dengan sabun khusus wajah. Jangan memakai sabun mandi untuk membersihkan kulit wajah. Karena kulit wajah lebih tipis di bandingkan yang lainnya. Gunakanlah pembersih dengan PH di bawah 7 ( asam) agar kulit wajahmu tidak cepat kering dan keriput.


    Setelah itu, wajah dibilas sampai bersih. Keringkan dengan handuk lembut, dengan cara menepuk/ menempelkan, pada wajah. Jangan pernah  menggosok-gosokkan handuk pada wajah. Karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Setiap tahap pembersihan wajah, dilakukan dengan gerakan lembut, jangan sampai menimbulkan luka di kulitmu.


    Cucilah wajah minimal pagi dan malam hari sebelum tidur. Jika kamu merasa kulit wajah kotor seperti setelah berolahraga, dapat di lakukan pencucian kembali. Terlalu sering membersihkan wajah juga tidak dianjurkan, karena dapat membuat kulit kering.

2. Melindungi.



        Fungsi melindungi kulit ada pada produk kosmetik yang di gunakan disiang hari.
Karena pada saat inilah kulit banyak terkena, polusi , kotoran, dan paparan sinar matahari.
Produk wajib yang harus dikenakan saat disiang hari adalah tabir Surya yang mengandung SPF (sun protection formula).


    Saat ini banyak tersedia tabir Surya dengan SPF yang bermacam-macam pilihlah yang sesuai dengan. Aktifitasmu. Makin tinggi SPF, makin lama produk ini melindungi kulit di bawah sinar matahari.


    Walaupun kamu tidak berpergian keluar rumah, tetap harus memakai tabir Surya di siang hari. Karena sinar matahari dapat menghampiri kulitmu walaupun kamu berada di dalam rumah.


    Jika kamu gemar bermake-up komplit dapat juga menggunakan foundation, bedak dan kosmetik lainnya. Saat ini sudah tersedia juga produk kosmetik yang berisi tabir Surya dan foundation, yang di kenal dengan BB cream. Makin praktis aja ya. Bahkan untuk kamu yang ingin menyamarkan noda atau biasa memakai concealer, sekarang sudah tersedia CC Cream, yaitu BB Cream yang ditambahkan concealer. Untuk produk yang ini kita bahas lain waktu ya.

3. Meregenerasi/ Peremajaan/ Perbaikan Sel Kulit.   



 Perbaikan sel-sel terutama terjadi pada malam hari. Untuk itu produk perawatan yang banyak mengandung zat-zat untuk peremajaan biasa tersimpan dalam krim malam, serum  dan produk lainnya.

“Apakah semua produk harus digunakan?”
Jawabannya, tidak!  Hanya yang diperlukan kulitmu yang kamu oleskan.
“Bagaimana mengetahui apa saja produk yang diperlukan?”
Kamu harus tahu dulu apa yang menjadi masalah kulitmu, setelah itu baru bisa diputuskan produk apa yang harus digunakan.
Misalnya orang yang berjerawat tentu memerlukan terapi khusus jerawat.
Untuk yang berkulit normal (ini yang paling beruntung)  hanya perlu krim vitamin untuk menjaga nutrisi kulit agar selalu lembab dan sehat 


    Kulit dengan masalah aging atau penuan memerlukan penagan lebih. Karena berlomba dengan waktu. Proses penuaan pasti terjadi pada semua orang, untuk itulah kulit harus terus mendapatkan zat-zat yang di butuhkan dari luar.
    Untuk proses aging biasanya paket perawatan malam hari lebih banyak. Karena harus mengandung beberapa zat aktif yang berfungsi merangsang pembentukan kolagen, mengandung antioksidan, membantu melembabkan wajah dan mencerahkan wajah.semua zat aktif ini biasanya terkandung dalam bentuk krim malam dan serum.
    Pakailah serum wajah saat kulit agak basah, agar dapat terserap lebih cepat. Tunggu beberapa menit, setelah kering baru oleskan krim malam. Kalau kamu suka dan masih ada waktu serum pun dapat di pakai di pagi hari.
Ribet?
Gak juga, dengan usaha lebih, hasil yang diperoleh pun pasti lebih baik.

    Sebenarnya jika kamu mengerti apa yang dibutuhkan oleh kulit mu, perawatan wajah tidaklah sulit. Yang sering terjadi, kita tergoda oleh iklan yang banyak disekitar kita, dengan testimoni dan model yang jelas cantik. Sehingga kadang kita memakai produk yang tidak dibutuhkan oleh kulit. Ini merupakan suatu pemborosan, belum efek samping yang timbul kadang sangat tak terduga.


    Pada kulit yang terdapat beberapa masalah, seperti jerawat dan flek hitam. Atasi masalah kulitmu satu persatu, karena memakai berbagai krim dalam satu waktu untuk mendapatkan hasil yang instan tidaklah efektif. Setelah satu masalah selesai baru memakai produk untuk masalah berikutnya. Setelah semua masalah selesai jagalah selalu kesehatan wajahmu agar tidak “bermasalah” lagi.


    Tiga langkah mudah ini bisa kita lakukan setiap hari. Jika waktu mu sedikit minimal aplikasikan satu jenis produk untuk setiap tahapannya. Jika ada waktu luang tidak ada salahnya memanjakan diri dengan perawatan yang lebih komplit. Bisa dilakukan sendiri dirumah atau ke tempat perawatan wajah yang banyak di sekitar kita.


    Yuk, kita menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dengan cerdas. Bijaklah memilih kosmetik yang di perlukan kulit. Kunci utama memilih produk kecantikan adalah memakai produk   yang  dibutuhkan kulitmu, bukan yang diinginkan. Jangan lupa untuk merawat kulit setiap hari ya. Salam sehat.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar