Alergi, Mengapa selalu datang dan datang lagi? By. Ida A.Z Rahman

By idarahman.com - August 01, 2018






Salam sehat, Alergi penyakit yang tidak masuk katagori dijenguk, tapi kehadirannya sangat mengganggu. Walaupun tergolong ringan penyakit ini kadang sering muncul sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.
Apasih alergi itu? Mungkin ini pertanyaan yang sering muncul diantara kita. Alergi adalah suatu reaksi imunologi yang disebabkan oleh alergen ( pemicu alergi ) baik berupa zat yang masuk kedalam tubuh atau bersentuhan dengan tubuh. Alergen disini bisa berupa makanan yang kita makan, tungau atau debu rumah, bulu-bulu binatang, bahkan cuaca yang dingin atau panas.
Alergi dapat menyerang siapa saja, tanpa melihat usia dan jenis kelamin. Mulai dari bayi sampai manula, tidak ada perbedaan persentase untuk jenis kelamin laki-laki atau perempuan. Pada orang dengan sistim imun yang rendah alergi lebih mudah timbul, misalnya, pada balita dan lanjut usia. Seperti pada anak penderita Asma, dengan bertambahnya usia  penyakit Asma akan jarang muncul, dan biasanya saat usia lanjut Asma dapat muncul kembali.
Alergi dapat terjadi jika tubuh bertemu dengan alergen pertama kali, lalu membuat sel memori untuk mengingatnya sebagai bahaya, dan jika suatu saat tubuh bertemu lagi dengan alergen yang sama, maka tubuh akan memberikan reaksi. Reaksi yang terjadi tergantung organ tubuh yang terkena.
Alergi dapat menyerang semua organ tubuh. Organ tubuh yang sering terkena adalah saluran nafas, kulit dan saluran cerna. Meskipun begitu semua organ tubuh bisa terkena alergi. Gejala yang muncul dapat bermacam-macam, diantaran pada :
1.    Saluran nafas berupa gejala
-    Bersin
-    Pilek
-    Batuk 
-    Lendir yang banyak
-    Sesak nafas
2.    Kulit berupa gejala
-    Gatal
-    Merah
-    Bentol
3.    Saluran cerna berupa gejala
-    Mules
-    Kembung
-    Diare

Gejala yang timbul berbeda pada setiap orang, bisa gejala yang ringan seperti bentol-bentol, gatal, bersin. Sampai gejala yang berat seperti sesak nafas hebat, dan penurunan tekanan darah yang menyebabkan syok ( tekanan darah turun drastis dengan cepat) yang dikenal dengan anafilaktik.
Penanganan alergi bila muncul dapat diberikan obat-obatan anti alergi. Pengobatan alergi dilakukan hanya pada saat alergi itu muncul, tidak perlu meminum obat anti alergi terus menerus. Pada keadaan alergi yang berat seperti anafilaktik. Harus mendapatkan pengobatan dirumah sakit, karena beriresiko terjadi gagal jantung.
Pencegahan alergi dapat dilakukan dengan menghindari kontak dengan alergen, misalnya alergi makanan hindari memakan makanan yang menjadi alergen. Tapi tidak semua alergen bisa kita hindari, seperti, tungau, debu rumah, bulu-bulu binatang. Sistim imun yang baik dapat mencegah terjadinya alergi. Gaya hidup sehat seperti cukup istirahat memakan makanan sehat, dan suplemen  dapat membantu sistem imun menjadi kuat. Sehingga mampu mencegah timbulnya alergi.
Sekarang sudah lebuh kenal dengan alergi ya. Hayu, kenali tubuhmu apakah ada yang berpotensi alergi? Jangan lupa gaya hidup sehat, biar sistim imunmu menjadi kuat. Alergi enggak gampang muncul. Ayooo terus sehat.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar