Mau tubuh selalu sehat?ini rahasianya. By. Ida A.Z Rahman

By idarahman.com - July 25, 2018





“Baru minggu lalu anak saya berobat sekarang sudah sakit lagi, kasih obat yang paling baguslah dok, biar gak sakit terus.”  Lho kenapa jadi mengagantungkan kesehatan pada obat? bukankah mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.
    Kenapa kita jatuh sakit? Mungkin ini yang sering jadi pertanyaan kita. Jawabannya adalah sistim imun  atau daya tahan tubuh yang tidak bekerja dengan baik. Apakah sistim imun  atau daya tahan tubuh itu?
Sistim imun  atau daya tahan tubuh suatu sistim perlindungan biologis yang ada di dalam tubuh manusia yang bertugas menangkal serangan radikal bebas, kuman ,virus, bakteri sehingga dapat mencegah terjadinya sakit. Jika sistim imun  atau daya tahan tubuh tidak bekerja dengan baik, maka seseorang dapat jatuh sakit.
Sistim imun  atau daya tahan tubuh  terdiri dari 2 jenis, sistim pertahan non spesifik,dan sistim pertahanan spesifik, bingung? Ini penjelasannya

Sistim pertahanan non spesifik
Pertahanan ini tidak membedakan jenis kumam, virus dan lain sebagainya. Pertahannan berupa
1.    Pertahanan fisik contohnya kulit, yang terdiri dari sel yang sangat rapat, sehingga microba tidak bisa menembus kulit yang sehat.
2.    Pertahanan mekanis contohnya rambut-rambut halus disaluran nafas (hidung, trakea) yang berfungsi menangkap partikel halus yang terhisap dan disapu keluar kembali.
3.    Pertahanan kimiawi contohnya asam lambung yang mampu membunuh microorganisme  yang ikut termakan oleh kita
4.    Pertahanan biologis contohnya kuman dan bakteri yang normal ada di saluran makan dan kulit yang berpungsi agar microorganisme yang berbahaya saat menempel pada tubuh tidak mendapatkan makanan dan akhirnya mati.


Sistim pertahanan spesifik
Pertahanan ini peka terhadap microorganisme tertentu yang pernah masuk kedalam sistim tubuh manusia karena dia berhasil menembus sistim pertahanan non spesifik, sistim pertahanan ini sangat selektif terhadap zat-zat dan mikroorganisme tertentu, yang di dapat dari infeksi-infeksi sebelumnya, ini melibatkan antibodi dan pembentukan se llimfosit.
Sistim pertahanan non spesifik tidak bisa di modifikasi, tapi sistim pertahanan spesifik dapat diperkuat dengan cara meningkatkan kemampuan sel limfosit untul mengenali, merespon dan mengingat musuh yang berbahaya untuk tubuh.
Sel limfosit hanya berumur 60 hari, lalu digantikan oleh sel yang baru, oleh sebab itu menjadi penting untuk terus menerus mengenalakan sel yang baru dengan microorganisme yang ada. Sampai saat ini metode yang disediakan oleh negara dengan cara vaksinasi.
Sistim imun  atau daya tahan tubuh adalah karunia Tuhan yang diberikan pada setiap manusia. Sudah sepantasnya kita selalu menjaganya sebagai tanda syukur pada yang sang Pencipta.
Segitu dulu deh, biar gak pusing, moga bisa dimengerti dan bermanfaat. Terima kasih.




           


  • Share:

You Might Also Like

1 komentar