Hati-hati , Glaukoma penyebab kebutaan yang terabaikan Yuk kenali gajalanya By. Ida A.Z Rahman

By idarahman.com - June 28, 2018


       Pernah denger Glaukoma? Glaukoma merupakan penyebab kebutaan kedua setelah karatak. Dia bisa menyerang semua usia mulai dari bayi sampai orang tua. Biar jelas yuk kita bahas sedikit mengenai penyakit glaukoma itu. Siap?
Glaukoma adalah suatu kedaan dimana tekanan bola mata meningkat tidak normal disertai dengan gangguan lapang pandang dan kerusakan saraf optik.
          Peningkatan tekanan pada mata ini tidak berhubungan dengan tekanan darah tinggi. Tapi disebabkan adanya gangguan aliran air mata. Bisa karena produksinya yang terlalu banyak, atau karena adanya gangguan pada saluran pembuangan airmata.
          Peningkatan tekanan bola mata akan menyebabkan ganguan pembuluh darah mata, yang disusul dengan kematian saraf mata . Tahap awal penderita  glaukoma akan mengalami mata merah disertai nyeri di sekitar mata dan  diikuti dengan berkurangnya lapang pandang. Bila proses ini berjalan terus dapat mengakibatkan kebutaan.
Penyebab glaukoma sampai saat ini belum diketahui, diperkirakan karena autoimun, genetik, kelainan lensa seperti katarak, benturan pada mata, dan radang pada mata. Pengobatan glukoma harus dilakukan oleh dokter ahli. Mulai dari obat-obatan yang menurunkan tekanan pada mata sampai tindakkan oprasi.
Pengobatan glaukoma kadang bisa berlangsung seumur hidup, dan bila tidak ditangani dengan benar dapat menyebabkan kebutaan total. Karena proses pejalanan penyakitnya cepat dan dapat berakibat fatal, kita harus selalu wapada .
Jadi  jaga kesehatan matamu ya. Jika kamu mengalami sakit mata yang tidak sembuh dengan tetes mata biasa, segera periksakan ke dokter.Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar